Find us on Facebook & Twitter

Pages

 

Thursday 27 December 2012

Mengelompokkan dan Menggabungkan Objek CorelDRAW X3

0 comments
. Adakalanya kita akan melakukan perintah yang sama untuk beberapa objek sekaligus. Hal demikian akan lebih mudah jika kita mengelompokkan atau menggabungkan objek-objek tertentu menjadi satu group. Berikut langkah-langkah mengelompokkan dan menggabungkan objek pada CorelDRWAW X3.
a. Mengelompokkan Objek CorelDRAW X3
Anda dapat mengelompokkan objek-objek yang kecil-kecil supaya mudah untuk dipindahkan bersamaan pada coreldraw. Saat mengelompokkan dua objek atau lebih, objek-objek tersebut akan menjadi satu kesatuan objek. Objek yang telah dikelompokkan dapat diformat atau diubah propertinya secara bersamaan. Jika Anda menginginkannya pula, objek-objek itu dapat dipisahkan kembali (ungroup). Anda juga dapat menambah dan menghapus objek dari sebuah kelompok objek. Beberapa langkah untuk mengelompokkan objek adalah sebagai berikut.
(1) Pilih objek-objek yang akan dikelompokkan.
Empat objek yang dikelompokkan
Gambar 2.36 Empat objek yang dikelompokkan.
(2) Pilih perintah menu Arrange Group sehingga empat objek di atas akan dikelompokkan menjadi satu. Beberapa kelompok objek (grup) dapat dikelompokkan dengan kelompok (grup) objek yang lain dengan cara di atas.
Empat objek setelah dikelompokkan
Gambar 2.37 Empat objek setelah dikelompokkan.
b. Memisahkan Objek pada CorelDRAW X3
Setelah dikelompokkan, objek tersebut dapat dipisahkan kembali menjadi objek-objek. Perhatikan langkah berikut ini.
(1) Pilih satu objek atau lebih.
(2) Pilih perintah menu Arrange Ungroup sehingga kelompok objek tersebut akan terpisah kembali. Anda juga dapat memisahkan kelompok objek dengan mengklik tombol Ungroup atau Ungroup All pada toolbar property.
c. Menghapus Objek dari Kelompok Objek pada CorelDRAW X3
Jika ada salah satu objek dalam kelompok yang Anda anggap tidak penting sehingga harus dihapus, Anda dapat melakukannya dengan perintah sebagai berikut. Pilih kelompok objek yang akan dihapus salah satu objeknya. Tekan tombol Ctrl dan klik salah satu objek dalam grup yang akan dihapus. Tekan tombol Delete untuk menghapusnya.
d. Menggabungkan Objek pada CorelDRAW X3
Menggabungkan, berarti dua objek atau lebih membentuk objek tunggal dan memiliki warna dan garis tepi yang sama. Objek yang sudah tergabung akan menjadi objek kurva tunggal. Langkahnya adalah berikut ini.
(1) Pilih objek-objek yang akan dikombinasikan.
Objek-objek yang akan digabungkan dipilih
Gambar 2.38 Objek-objek yang akan digabungkan dipilih.
(2) Klik perintah menu Arrange Combine sehingga objek akan tergabung dan akan tampak seperti gambar berikut.
Objek-objek telah tergabung sehingga membentuk satu kurva
Gambar 2.39 Objek-objek telah tergabung sehingga membentuk satu kurva.
e. Memecah Objek Kombinasi pada CorelDRAW X3
Anda bisa juga memecah kembali objek-objek yang telah dikombinasikan, tapi hasilnya berupa warna dan garis tepi objek sama semua. Langkahnya adalah pilih objek yang telah dikombinasikan, kemudian klik perintah menu Arrange Break Curve Apart. Anda juga dapat memecah objek kombinasi dengan menekan tombol Break Apart pada toolbar property.
Comments

0 comments:

Post a Comment